Pages

Senin, 22 Februari 2010

Mencoba Nimbus Look & Feel di NetBeans 6.7.1


hai teman-teman inilah postingan pertama saya yang berkategori pada e-learning...pada kesempatan pertama ini saya akan mencoba memabagi tips sekitar pemrograman java dengan netbeans disertai tampilan Nimbuss editor.
Salah satu fitur tambahan pada rilis Java SDK 6 update 10 (6u10) keatas adalah Nimbus Look and Feel (laf). Nimbus laf ini rencananya akan menggantikan Metal sebagai laf default pada Java. Nimbus merupakan theme default untuk sistem operasi Open Solaris. Dan katanya Look and Feel Nimbus itu “Cool Abis*”...


Dengan JDK 6u10 kita bisa merubah laf semua aplikasi Java kita menjadi Nimbus termasuk juga NetBeans. Sayangnya untuk NetBeans hanya NetBeans terbaru yaitu NetBeans 6.5 keatas yang bisa menggunakan Nimbus laf.

Untuk menggunakan Nimbus laf pada NetBeans 6.7.1 terlebih dahulu kita pastikan bahwa JDK 6u10 kita sudah terinstall dengan baik dan menjadi JDK default untuk Netbeans. Untuk memastikannya lebih baik JDK yang lain di Uninstall aja :D . Setelah itu tambahkan parameter pada netbeans.conf yang terletak di folder etc pada jdk home (biasanya terletak di direktori ini "C:\Program Files\NetBeans 6.7.1\etc\"). Edit file netbeans.conf dengan editor semacam notepad lalu tambahkan parameter "--laf com.sun.java.swing.plaf.nimbus.NimbusLookAndFeel" pada bagian netbeans_default_options. contoh nya :


netbeans_default_options="-J-Dorg.glassfish.v3.installRoot=\"C:\Program Files\sges-v3-prelude\" -J-Dcom.sun.aas.installRoot=\"C:\Sun\AppServer\" -J-client -J-Xss5m -J-Xms256m -J-Xmx512m -J-XX:PermSize=256m -J-XX:MaxPermSize=512m -J-Xverify:none -J-Dapple.laf.useScreenMenuBar=true -J-Dsun.java2d.noddraw=true --laf com.sun.java.swing.plaf.nimbus.NimbusLookAndFeel"


Apabila semua settingan sudah benar maka restart NetBeans 6.7.1 dengan Look and Feel Nimbus akan muncul dan selamat menikmati.


"Teman-teman yang baik jangan lupa komentarnya ya ok...^^ "

0 komentar:

Posting Komentar